close

Si DUDUT | category: Galaxy

home

Si DUDUT

si-dudut.blogspot.com

Kathryn Gray , Gadis 10 tahun Penemu Supernova

Kathryn Gray , Gadis 10 tahun Penemu Supernova
Jangan di liat Usianya baru 10 tahun, namun Kathryn Gray telah mencatatkan namanya di dunia astronomi. Gadis cilik ini menjadi orang termuda yang menemukan supernova.

Di malam tahun baru, anak yang berasal dari Kanada ini menemukan supernova dengan magnitude 17 -- ledakan besar yang menandai kematian sebuah bintang, seringkali lebih besar dari Matahari. Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat terang, bahkan lebih bersibar dari semua galaksi.

Untuk mencari sebuah supernova, harus rajin menyisir lusinan gambar lama kolom bintang, membandingkannya dengan gambar yang baru. Penampakan supernova seperti titik terang pada kolom bintang.

Kathryn yang punya nama tengah 'Aurora', mempelajari gambar-gambar yang diambil sebuah observatorium amatir yang dikirimkan ayahnya, astronom amatir Paul Gray. Gambar-gambar itu diambil dari teleskop milik Cave Lane, mantan astronom di Nova Scotia.

Ia menemukan supernova, yang dijuliki  Supernova 2010lt, setelah empat kali mengamati 52 gambar dari layar komputer.

Lalu, "Kathryn menunjuk ke arah layar dan berkata: inikah? Aku berkata, ya, bagus," kata ayahnya, Kathryn seperti dimuat situs Daily Mail.

Supernova yang ditemukan berada di galaksi yang jauh, UGC 3378 yang terletak di konstelasi Camelopardalis -- sekitar 240 juta tahun cahaya dari Bumi.

Royal Astronomical Society of Canada (RASC) mengatakan Kathryn adalah penemu termuda. Penemuan ini dengan cepat dikonfirmasi oleh Persatuan Astronomi Internasional (International Astronomical Union).

"Sangat fantastis, anak semuda itu memiliki gairah dalam dunia astronomi. Ini adalah temuan yang luar biasa, kami sangat senang," kata Direktur Eksekutif RASC, Deborah Thompson.

Apalagi, supernova terakhir di galaksi kita terjadi beberapa ratus tahun lalu.

Kathryn mengaku ia berencana untuk terus memindai langit dan mencari supernova. Kata dia, itu hobinya.

Gimana kalau sudah gede nanti ya . masih kecil saya sudah hebat.

sumber

Planet Berlian, di duga planet paling kaya

Planet Berlian, di duga planet paling kayaWASP-12b, planet penuh karbon, berlian, grafit dan gas metana mengorbit mataharinya (newscientist.com)

Planet berjarak 1.200 tahun cahaya dari Bumi itu mengorbit terlalu dekat ke mataharinya.
Joseph Harrington, astronom dan profesor dari University of Central Florida, Amerika Serikat, dan timnya menemukan bahwa terdapat lebih banyak karbon dibanding oksigen pada atmosfir planet WASP-12b. Planet itu berjarak 1.200 tahun cahaya dari Bumi.

Temuan ini mengindikasikan bahwa bebatuan yang ada di seluruh planet itu terdiri dari karbon murni, dalam bentuk berlian atau grafit. Meski belum bisa dipastikan, tetapi planet yang sangat kaya akan karbon itu kemungkinan juga memiliki inti berlian dalam jumlah besar.

“Secara umum, planet biasanya memiliki jumlah oksigen yang sangat banyak yang membuat bebatuan seperti kuarsa dan gas seperti karbon dioksida bisa tersedia dalam kuantitas besar,” kata Harrington.

Tetapi, kata Harrington, jika karbon lebih banyak dibanding oksigen, maka akan banyak batu-batuan yang terdiri dari karbon murni seperti berlian dan grafit. Selain itu akan ada banyak gas metana.

Tim peneliti melakukan analisa kimia berdasarkan teleskop ruang angkasa Spitzer milik NASA. Mereka membandingkan perilaku inframerah gas-gas yang ada untuk menentukan komposisi atmosfir planet yang bersangkutan.

Meski karbon merupakan salah satu elemen penting yang membentuk kehidupan, WASP-12b tampaknya tidak dapat dihuni oleh makhluk hidup.

“Jaraknya terlalu dekat dengan mataharinya, dan setahun planet itu hanya berlangsung selama 26 jam saja,” kata Harrington. “Temperatur di siang hari pada planet yang diperkirakan bertaburan berlian itu juga sangat panas, mencapai sekitar 2.600 derajat Celcius. Planet itu juga rusak akibat besarnya gaya gravitasi dari mataharinya itu,” ucap Harrington.

Sebagai informasi, WASP-12b pertamakali ditemukan oleh konsorsium Wide Angle Search for Planets asal Inggris pada tahun 2009 lalu

sumber : http://www.animabon.com/2010/12/penemuan-planet-baru-yang-penuh-berlian/

Ahli Astronomi Temukan Lubang Hitam baru

Ahli Astronomi Temukan Lubang Hitam baruPengamatan yang dilakukan melalui sinar infra mengatakan supernova yang dijuluki SN 1979C merupakan lubang hitam yang sedang terbentuk, ujar sebuah regu ahli astronomi yang berasal dari Amerika Serikat dan Eropa.
"Jika perkiraan kami benar, itu merupakan contoh terdekat bagi pengamatan penciptaan sebuah lubang hitam," ujar seorang ahli Astrofisika dari Harvard-Smithsonian Center di Massachusetts, Daniel Patnaude, yang memimpin penelitian itu.
Seorang ahli astronomi amatir dari Maryland, Gus Johnson, menemukan supernova pada 1979 di tepi sebuah galaksi yang bernama M100, kemudian para ahli astronomi lain meneliti hal tersebut setelah penemuannya. Cahaya dan sinar infra dari pecahan telah memakan waktu selama 50 juta tahun untuk menuju ke bumi dengan kecepatan cahaya sebesar 300.000 kilometer per-detik atau sekitar 10 triliun kilometer per-tahunnya.
Pusat Pengamatan Sinar Infra Chandra milik NASA, Badan Antariksa Eropa XMM-Newton, dan Pusat Pengamatan Rosat milik Jerman telah menyaksikan bahwa itu memancarkan sumber sinar infra stabil yang terang.
Analisis sinar infra mendukung ide bahwa benda yang diamati merupakan lubang hitam dan itu juga akan menarik masuk benda yang jatuh dari sebuah supernova atau mungkin dari bintang kembar, ujar para ahli astronomi.
Para ilmuwan percaya bahwa lubang hitam dapat tercipta melalui beberapa cara yang dalam hal ini karena sebuah bintang yang berukuran sekitar 20 kali massa dari Matahari yang akan menjadi supernova dan kemudian meledak menjadi beberapa benda yang padat yang menghisap benda-benda di sekitarnya kedalam inti lubang hitam itu.

antara.com

Planet Mirip Bumi di Temukan

Para astronom menemukan Gliese 581g, sebuah planet seukuran Bumi yang bergerak mengorbiti sebuah bintang dan berpotensi didiami manusia.

Planet itu merupakan planet yang paling mirip Bumi yang pernah ditemukan dalam sistem tata surya lain.

"Penemuan kami memberikan bukti kuat tentang planet yang bisa didiami," tulis Professor Steven Vogt, seorang astronom dari University of California, Santa Cruz, Amerika Serikat dalam Astrophysical Journal seperti yang dikutip The Telegraph, Rabu (29/9).

"Bahwasanya kami bisa mendeteksi planet itu dengan cepat dan letaknya sangat dekat, membuktikan bahwa planet seperti itu pasti sangat banyak," Vogt melanjutkan.

Lebih dari 400 eksoplanet telah ditemukan oleh para astronom tetapi sebagian besar dari mereka adalah planet gas raksasa seperti Jupiter, dan tidak cocok untuk didiami.

Planet itu sendiri ditemukan setelah 11 tahun pengamatan di Observatorium WM Keck di Hawai.

Dalam jurnal itu, Professor Vogt dan Paul Butler dari Carnegie Institution di Washington, sebenarnya melaporkan tentang keberadaan dua planet yang mengorbiti sebuah bintang merah Gliese 581.

Yang menarik dari dua planet itu adalah Gliese 581g yang massanya tiga sampai empat kali masa Bumi dan memiliki waktu orbit 37 hari.

Massa Gliese 581g mengindikasikan bahwa planet itu kemungkinan terdiri dari bebatuan dengan permukaan yang kokoh dan memiliki daya grafitasi yang cukup untuk menahan atmosfer.

Gliese 851g berjarak 20 tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang Libra.

Planet itu, karena terikat pada Gliese 581, memiliki bagian yang menghadap ke arah bintang itu dan menghasilkan siang sementara daerah sebaliknya gelap.

Para ilmuwan memperkirakan suhu rata-rata permukaan planet itu berkisar antara -31 sampai 12 derajat Celcius atau -24 sampai 10 derajat Fahrenhit.

Menurut Vogt, daya gravitasi planet itu sama atau sedikit lebih kuat daripada di Bumi, mudah berjalan atau bergerak di planet itu.

Badai Matahari ( solar storm )

Badai Matahari ( solar storm )Para ilmuwan telah memperkirakan badai matahari dapat terjadi kapan dilaporkan pada tahun 2012 dan dampaknya dapat mencakup pemadaman listrik dan kegagalan fungsi ponsel.

aktivitas di permukaan matahari bisa meningkatkan pada tahun 2012, menyebabkan badai magnetik untuk melemparkan partikel energi ke bumi. kemungkinan akan mempengaruhi satelit, menara telekomunikasi, jaringan daya dan global positioning system (GPS).

Tokoh abad ke-21 bergantung pada sistem berteknologi tinggi untuk dasar-dasar kehidupan sehari-hari. Tapi jaringan daya cerdas, navigasi GPS, perjalanan udara, jasa keuangan dan komunikasi radio darurat semua dapat pingsan oleh aktivitas matahari yang intens.


Badai Matahari ( solar storm )Sebuah badai matahari besar dapat menyebabkan kerusakan dua puluh kali lebih ekonomis dari Badai Katrina, memperingatkan National Academy of Sciences dalam sebuah laporan tahun 2008

Untungnya, banyak kerusakan dapat diatasi jika manajer tahu badai akan datang. Itulah sebabnya pemahaman yang lebih baik dari cuaca surya, dan kemampuan untuk memberikan peringatan dini, sangat penting.

Menempatkan satelit di 'safe mode' dan melepaskan transformator dapat melindungi elektronik dari lonjakan listrik merusak.

NASA dan NOAA bekerja sama untuk mengelola armada satelit yang memantau matahari dan membantu untuk memBadai Matahari ( solar storm )prediksi perubahan.

Sepasang pesawat ruang angkasa yang disebut stereo (Solar Terrestrial Relations Observatory) adalah ditempatkan di sisi berlawanan dari matahari, yang menawarkan tampilan gabungan dari 90 persen dari permukaan matahari. Selain itu, SDO (yang Solar Dinamika Observatory), yang baru saja diluncurkan pada bulan Februari 2010, yaitu bisa untuk foto daerah aktif belum pernah terjadi sebelumnya surya dengan resolusi spektral, temporal dan spasial. Juga, sebuah

Badai Matahari ( solar storm )satelit tua yang disebut Advanced Komposisi Explorer (ACE), yang diluncurkan pada tahun 1997, masih menenggak bersama angin pemantauan datang dari matahari. Dan ada puluhan lebih didedikasikan untuk ilmu solar.

sekarang mari kita lihat bagaimana sebenernya badai matahari tersebut






Badai Matahari ( solar storm )













Badai Matahari ( solar storm )








































Aurora Australis

Aurora AuAurora Australisstralis Ditinjau dari Stasiun Antariksa Internasional antara pandangan Bumi diberikan astronot pesawat Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), pasti salah satu yang paling spektakuler adalah aurora. Ini menampilkan pernah-pergeseran pita berwarna, tirai, sinar, dan tempat-tempat yang paling terlihat dekat Utara (aurora borealis) dan Selatan (aurora australis) Polandia sebagai partikel bermuatan (ion) streaming dari Matahari (angin matahari) berinteraksi dengan Bumi medan magnetik.

Sementara aurora umumnya hanya terlihat dekat dengan kutub, badai magnet yang berdampak parah medan magnet bumi dapat mengalihkan mereka menuju khatulistiwa. Gambar aurora mengejutkan diambil selama badai geomagnetik yang kemungkinan besar disebabkan oleh coronal mass ejection dari Matahari pada Mei ISS terletak di bagian Selatan Samudra Hindia pada ketinggian 350 kilometer (220 mil), dengan pengamat astronot yang paling cenderung ke arah mencari Antartika (tidak terlihat) dan Kutub Selatan.

aurora ini memiliki bentuk pita kusut yang memisahkan titik-titik diskrit dekat ke sudut kanan bawah gambar. Sedangkan warna dominan aurora berwarna hijau, ada saran samar kiri merah pusat gambar. awan padat adalah samar-samar terlihat di bawah aurora. Lengkungan cakrawala bumi (dahan) jelas terlihat, seperti garis biru samar atmosfer bagian atas tepat di atas itu (di gambar tengah atas). Beberapa bintang muncul sebagai titik-titik terang terhadap kegelapan ruang di gambar kanan atas.

Aurora ion terjadi ketika dalam angin matahari bertabrakan dengan atom oksigen dan nitrogen di atmosfer atas. Tabrakan atom, dan mereka biasanya memancarkan cahaya ketika mereka kembali ke tingkat energi asli mereka. Cahaya menciptakan aurora yang kita lihat. Warna yang paling umum yang diamati aurora berwarna hijau, yang disebabkan oleh cahaya yang dipancarkan oleh atom oksigen bersemangat pada panjang gelombang yang berpusat di 0,558 mikrometer, atau sepersejuta meter. (Cahaya tampak tercermin dari sehat (hijau) di sekitar tanaman daun gelombang yang sama.) Aurora Merah dihasilkan oleh cahaya yang dipancarkan pada panjang gelombang warna (0,630 mikrometer), dan lainnya seperti biru dan ungu juga kadang-kadang diamati.




Aurora Australis












Aurora Australis











Aurora Australis













Aurora Australis

Lubang hitam

Lubang hitam

Lubang hitam
( Black Hole ) adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga 8kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam". Istilah "lubang hitam" telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.
Lubang hitam muncul dalam berbagai ukuran. Para astronom percaya bahwa "supermasif" lubang hitam, dengan massa sekitar 4 juta Suns, terletak di pusat galaksi Bima Sakti. Teleskop NRAO menawarkan prospek terbaik untuk benar-benar pencitraan seperti lubang hitam supermasif.
Supermasif Black Hole

Penelitian terbLubang hitamaru menunjukkan bahwa galaksi dan lubang hitam utama mereka tidak tumbuh dengan mantap, tapi di beraturan. Pada awal siklus pertumbuhan, galaksi dan lubang hitam pusat masalah menumpuk. Energi yang dihasilkan oleh jet yang menyertai pertumbuhan lubang hitam supermasif pada akhirnya membawa kejatuhan dalam materi dan pertumbuhan galaksi berhenti. Kegiatan di sekitar pusat lubang hitam kemudian berhenti karena kurangnya pasokan materi, dan jet menghilang. Jutaan tahun kemudian gas panas di sekitar galaksi mendingin dan kembali jatuh ke galaksi, memulai musim baru pertumbuhan.
Supermasif lubang hitam dan galaksi aktif

Sampai saat ini, kebanyakan ilmuwan percaya bayi menciptakan lubang hitam tidak bisa dilakukan di planet kita. Anda akan membutuhkan akselerator partikel sebesar tata surya, kebanyakan ilmuwan diasumsikan. Tapi sekarang, itu semua berubah. Cukup banyak fisikawan berpikir yang jauh lebih kecil akselerator partikel dapat melakukan trik juga. Seperti 'Large Hadron Collider' (LHC), partikel pukulan keras yang akan dibuka di Switserland pada tahun 2007.

Untungnya, dibuat lubang hitam tidak akan menjadi gemuruh rakasa yang gobbles atas planet-planet dan bintang-bintang. Sebaliknya, ilmu pengetahuan mengharapkan lubang hitam, jauh lebih kecil daripada sebuah atom. Terlebih lagi, itu harus menguap segera. Lubang hitam mengeluarkan radiasi. Dan kami lubang hitam akan sangat sangat kecil dan panas, itu akan memancarkan sendiri jauh dalam waktu kurang dari 0,00000000000000000000000001 detik! Itu sebabnya ahli fisika merasa sangat yakin tentang bekerja dengan LHC. Tidak masalah jika sebuah lubang hitam muncul. Menurut hukum fisika, lubang hitam dari laboratorium saja tidak boleh stabil.
Kathryn Gray , Gadis 10 tahun Penemu SupernovaPlanet Berlian, di duga planet paling kayaAhli Astronomi Temukan Lubang Hitam baruPlanet Mirip Bumi di TemukanBadai Matahari ( solar storm )Aurora AustralisLubang hitam

Report "Si DUDUT"

Are you sure you want to report this post for ?

Cancel
×